Tips Atasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan Pada Karyawan Yang Kerja Sambil Kuliah

Tips Atasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan Pada Karyawan Yang Kerja Sambil Kuliah

Menjadi karyawan kantor pasti pernah merasakan yang namanya diburu-buru deadliner. Perilaku ini sering terjadi disebabkan karena adanya kebiasaan dari par karyawan yang sering kali menunda pekerjaan. Selain menunda pekerjaan, perilaku ini dapat disebabkan karena kurangnya pengaturan waktu, kesulitan membagi fokus atau bahkan menyepelekan pekerjaan.

Pada karyawan yang kerja sambil kuliah terkadang merasa kuwalahan ketika harus membagi prioritas antara kerja dan kuliah. Biasanya para karyawan mengatasi hal tersebut dengan membawa tugas kuliah pada saat jam kerja. Akibatnya pekerjaan kantor yang seharusnya selesai tepat waktu malah tidak terselesaikan. Selain menunjukkan ketidak profesionalan dalam kerja, mengerjakan tugas kuliah di sela pekerjaan kantor menyebabkan hasil kerja menjadi tidak maksimal. 




KULIAH DI UNIVERSITAS
TERBAIK JAWA TENGAH

BIAYA KULIAH DAPAT DICICIL 398 RIBU / BLN !
DAFTAR SEKARANG 150 RIBU !


Tips Agar Tidak Menunda Pekerjaan

Selain kesulitan dalam membuat skala prioritas, karyawan yang kerja sambil kuliah cenderung mudah mengalami kelelahan  akibat waktu istirahat yang kurang maksimal. Para karyawan seringkali melakukan lembur ataupun begadang demi menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Belum lagi saat diminta harus fokus dalam pekerjaan. Bukan tidak mungkin permasalahan ini dapat memicu stress bahkan burnout dalam kerja.

Berikut ini adalah tips yang dapat dilakukan agar tidak menunda-nunda pekerjaan :

Ketahui Apa Yang Menyebabkan Menunda Pekerjaan

Sebelum membuat solusi atas permasalahan yang dialami, ada baiknya perlu diketahui terlebih dahulu latarbelakang munculnya perilaku menunda pekerjaan. Apabila perilaku tersebut merupakan kebiasaan yang baru muncul maka perlu dilakukan penyesuaian diri Tanamkan pola pikir untuk segera menyelesaikan pekerjaan dan tidak berlarut-larut dalam pekerjaan.

Membagi Tugas Dari Yang Paling Mudah Untuk Dikerjakan

Ketika dihadapkan pada pekerjaan yang menumpuk individu cenderung kuwalahan dan kebingungan dengan tugas. Permasalahan ini dapat diatasi dengan membagi tugas kebeberapa langkah untuk memudahkan dalam menyusun daftar tugas. Setiap langkah tugas yang dibuat ditentukan pula batas waktunya sehingga tugas-tugas dapat dikerjakan secara sistematis dan terstruktur.

Hindari Gangguan Dalam Kerja

Sebelum memulai kerja, pastikan tidak terjadi gangguan dengan mematikan handphone dan televisi. Mencari ruangan yang tenang untuk kerja. Fokuskan pikiran dan hindari mengerjakan tugas-tugas di luar jam kerja kantor atau mengerjakan tugas kuliah di sela jam kerja kantor.

Beri Apresiasi Pada Diri Sendiri

Untuk memunculkan rasa semangat dalam kerja. Bisa menggunakan metode self reward yang dapat diberikan setelah kerja. Self reward dapat berupa hal-hal yang disukai, seperti makanan, menonton drama, mendengarkan musik yang disukai dan sebagainya.

Memberi Afirmasi Positif Pada Diri Sendiri

Afirmasi positif merupakan ucapan yang dilakukan secara berulang kali kepada diri sendiri yang berfungsi untuk membentuk pola pikir positif dengan menyingkirkan pikiran negatif.  Dengan memberikan afirmasi positif dapat membuat individu menjadi lebih bersemangat untuk memulai mengerjakan tugas.