Susahnya Bicara di Depan Publik, Apa Sebabnya ?

Susahnya Bicara di Depan Publik, Apa Sebabnya ?

Sebagian orang memiliki kendala yang sama yaitu susah berbicara ketika di depan publik. Selain membuat mereka merasa tidak percaya diri berbicara dihalayak orang banyak terkadang menjadi sebuah ketakutan tersendiri bagi mereka.

Berbicara di depan publik merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi orang yang mampu menguasai suasana audiens dengan baik. Padahal kemampuan berbicara di depan publik sangat diperlukan dalam keadaan apapun.

Lalu apa sih sebabnya kita susah berbicara di deapan publik ?

1. Takut akan gagal, ingin selalu sukses dan takut gagal malah kadangkala membuat ketakutan itu semakin besar. Takut gagal juga biasanya terlahir dari sifat orang yang perfeksionis dalam penampilan apapun. Sehingga ketakutan lebih kuat daripada apa yang harus dilakukan agar lebih baik.

2. Tidak ada rasa percaya diri, merasa diri tidak mampu untuk melakukan hal tersebut. Kelemahan sebagian orang juga yaitu tidak percaya pada dirinya sendiri, selalu menganggap lemah kemampuannya. Seharusnya cukup usahakan saja yang terbaik tidak perlu berharap hasil yang memukau.

3. Traumatis, memiliki rasa takut dan merasa sendirian ketika berdiri di panggung dan semua mata melihat padanya. Terkadang trauma seseorang akan selalu melekat dalam pikirannya, baik itu trauma karena pernah tampil gagal di depan umum, atau gugup ketika menyampaikan. Tapi sebenarnya itu bisa kita jadikan pelajaran agar lebih baik dan berfikir bahwa yang sudah terjadi biarkan saja menjadi pengalaman.

4. Takut dinilai/dihakimi, hal ini terjadi karena adanya perasaan takut ketika banyak orang membicarakan dirinya atau pendapatnya. Takut mendapat judment dari orang lain juga kadang memudarkan rasa percaya diri, dan menganggap diri kita itu bodoh. Tapi dengan judment orang lain kita bisa merubahnya menjadi acuan untuk memperbaiki diri lebih baik lagi.

5. Terlalu perfeksionis, perfeksionis baik, tetapi terlalu perfeksionis dan berharap terlalu banyak pada dirinya sendiri malah membuat efek negatif. Penyakit ini terkadang sangat merugikan bagi orang yang baru memulai sesuatu apalagi berbicara di hadapan umum. Perfeksionis juga justru memundurkan rasa kepercayaan pada kemamuan diri.

Nah, dari hal tersebut kalian bisa belajar lebih baik lagi, harus mampu menaklukan sifat yang memudarkan kemampuan kita untuk bisa tampil bicara di hadapan umum. Semuanya bisa kalian pelajari secara perlahan loh tidak perlu takut lagi. Percaya deh sama diri kalian bahwa kalian mampu melakukannya. Jangan pernah menganggap diri anda tidak bisa.

Selain hal-hal diatas kira-kira menurut kalian masih ada lagi kah yang membuat kita gagal tampil di hadapan orang banyak ?