Public Speaking : Life, Love & Career

Istilah public speaking sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga  kalian, dimana public speaking ini ialah kegiatan berbicara dengan orang banyak atau khalayak umum. Namun tidak semua orang bisa langsung mempraktekan hal ini secara langsung  dan percaya diri, oleh karena itu Universitas sains dan Teknologi komputer mengadakan webinar mengenai public speaking.

Acara ini diselenggarakan pada Sabtu (25/6/22) dengan pemateri Ricky Hans Tinggogoy, S,I.Kom dan Andreas Kurniawan, S.pd,. Didalam acara webinar tersebut Ricky Hans Tinggogoy, S,I.Kom mengatakan bahwa sebuah proses komunikas itu ialah kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh dua pihak oleh komunikator dan komunikan. Komunikator ini adalah orang yang berbicara atau yang meyampaikan pesan memalui media kemudian si media itu yang membawa pesan itu di terima oleh komunikan. Dan si komunikan ini diharapkan memberikan feed back atau umpan balik, namun feed back ini bisa ada atau tidak tergantung bentuk komunikasinya. 

Menjadi seorang pembicara juga harus bisa menentukan bagaimana bentuk pembawaan disetiap acara yang diadakan, kemudian waktu kita dalam berbicara juga harus diperhatikan, oleh sebab itu maka penting bagi pembicara untuk mengetahui rundown dari sebuah acara. Tidak lupa kita harus kreatif dan membuat beberapa part yang mengasikan agar terlihat asik oleh audiens.

Ada beberapa trik baik dalam berbicara ataupun saat public speaking.

1. Bertanya balik kepada audiens 

2. Tingkatkat rasa percaya diri

3. Dan yang terpenting jam terbang, semakin kita sering berbucara dengan audiens maka kita akan semakin terbiasa kedepannya.

Sering juga terjadi ada beberapa pertanyaan yang tidak masuk dengan penyampaian si pembicara, maka yang harus dilakukan adalah menjawab beberapa pertanyaan tersebut diakhir acara dengan mengatakan sejujurnya ke audiens seperti “ wah sepertinya saya butuh waktu untuk jawaban ini tapi diakhir acara saya berjanji akan bahas pertanyaan ini”.

Atau juga jika memang sekiranya pertanyaannya sulit kalian lakukan tik tok dengan teman pembicara lainnya misalnya kalian tidak berbicara sendiri didepan audiens nah jika kalian tidak bisa jawab usahakan teman yang menemani kalian mengalihkan topik dengan yang lebih seru lagi ketika kalian sedang mencari jawaban.