Part 7 " Kerangka Pembangunan Gerakan Teacherpreneur Indonesia"

Part 7 : Pasal 2 Ayat 2 “Berikan ruang untuk berinovasi”
Gerakan teacherpreneur ini bukan seperti organisasi pemerintah yang memiliki banyak sekali SOP, semakin banyak SOP akan semakin kaku bergerak. Akibatnya apa untuk bergerak saja sulit apalagi berlari, sehingga sangat sulit memunculkan ide – ide dalam melakukan hal baru. Kita tidak ingin terlalu kaku dan tentu saja tidak ingin juga bergerak tanpa aturan sehingga serampangan.
Kunci mengembangkan inovasi salah satunya dengan memberikan ruang gerak yang fleksibel dan berpegang kepada tata nilai universal jika hukumnya belum ada yang kita sepakati Bersama saat mengembangkan Gerakan teacherpreneur ini.
Karena inovasi ini selalu ide baru, walaupun diperolehnya kadang dengan meniru sesuatu, dan tidak jarang inovasi yang kita lakukan bertentangan dengan kaidah umum yang berlaku, tapi selama itu tidak merugikan orang lain dan mengambil hak lainnya lakukanlah. Selama yakin itu untuk kebaikan orang banyak dan kebaikan Gerakan teacherpreneur yang kita gaungkan laksanakan.
Pada part ini lah pentingnya menurunkan ego, dan berpikir jernih kadang diperlukan, agar poin Kerjasama, kolaborasi dan membutuhkan orang lain yang kami jelaskan pada tulisan – tulisan sebelumnya bisa dijalankan.
Selama kita masih terjebak pada rutinitas kita dan merasa selalu negative terhadap suatu hal seperti yang kami ceritakan di part 2. Sulit bagi kita untuk membuka ruang inovasi.
Setelah klausul diatas terpenuhi, maka renungkanlah dan pikirkanlah
apa yang Kita perlukan?
Misalkan yang kita perlukan saat ini adalah pemerataan kesenjangan kesejahteraan pendidik. Kita sadar pendidik tidak semuanya yang tidak sejahtera, Sebagiannya mendapatkan income yang lebih dari cukup. Untuk menyamakannya agar kesenjangannya hilang bagaimana, apakah harus menurunkan penghasilan yang sudah tinggi tersebut, tentu saja tidak, atau mengharapkan uluran tangan pemerintah menambah penghasilan pendidik yang masih berpenghasilan dibawah UMR, tentunya sangat lama sekali akan terjadi atau bahkan tidak akan pernah terjadi.
Poin ini kita tahu apa yang kita inginkan dan kita telah berdamai dengan memberikan ruang untuk berinovasi.
Yang perlu dilakukan untuk mengurangi kesenjangan penghasilan pendidik salah satunya memberikan ruang bagi pendidik untuk berinovasi memaksimalkan potensi nya dengan melalakukan beragam inovasi – inovasi dan kolaborasi.
Bersambung ke Part 8…
Penulis Dodi Iswanto, S.Pd, M.Pd
Sekretaris Jendral PTIC