Part 11 "Kerangka Pembangunan Gerakan Teacherpreneur Indonesia"

Part 11 : Menyikapi kegagalan Ide

Kita sudah mengerjakan ide yang semestinya dan kita juga merasa meniru dengan baik sebagaimana mestinya, dan juga telah menuliskan apa yang telah dikerjakan.

Kerjakan apa yang telah dituliskan dan jangan lupa menuliskan apa yang telah dikerjakan. Adakalanya pada saat menuliskan apa yang telah dikerjakan kita sadar bahwa hasilnya belum mencapai target yang diinginkan, apakah itu kegagalan jika ide nya tidak berjalan sebagaimana mestinya?

Miliki cara pandang yang berbeda, serta sadari dan yakini bahwa setiap kegagalan membawamu selangkah lebih dekat menuju kesuksesan. Jadi tidak ada namanya kegagalan dalam kamus menuju kesuksesan, mungkin pada saat itu rencana dan realisasi ide tertunda dan mengharuskan kita  melakukan evaluasi terhadap apa yang telah kita tuliskan, untuk mendapatkan lompatan yang lebih besar, untuk memulai ide dan rencana baru atau meneruskan ide yang sudah ada dengan melakukan koreksi.

Tapi jangan bayangkan itu akan berjalan dengan mudah seperti yang dibayangkan, akan banyak sekali disekitar kita yang mematikan semangat dan ide kita jika mengalami kebuntuan saat proses eksekusi. Kritikan bahkan menjadi hal yang tidak akan terelakan, dan hal itu akan menantang kita dan bahkan melawan keberanian kita untuk melangkah ke tahap selanjutnya dan akan membuat bimbang dan ragu dalam bergerak.

Tentukan target risiko dan seberapa jauh kita mampu menahan kehilangan dari eksekusi ide ke tahap selanjutnya, itu salah satu cara kembali mengumpulkan keberanian. Dan tentu saja tidak mengulangi kesalahan yang sama dari kegagalan pertama yang telah didapatkan.

Jadikan kegagalan ide pertama sebagai prototype pembangunan, dan terus kembangkan prototype tersebut menjadi sesuatu yang mapan dan sempurna. Tentunya ini akan berjalan jika kita menuliskan setiap yang telah dikerjakan dengan detil dan melakukan evaluasi mendalam dan menyusun ide yang lebih baik untuk dijalankan.

Bersambung ke part 12..

Penulis: Dodi Iswanto, S.Pd, M.Pd (Sekretaris Jendral PTIC)