Kenali Target Pasar Anda

Target pasar merupakan langkah penting dalam pengembangan produk, layanan, dan upaya pemasaran yang digunakan untuk mempromosikannya. Tujuannya tidak lain untuk membantu Anda mendapatkan pelanggan baru serta meningkatkan efisiensi pemasaran.

Mengapa penting untuk menemukan target pasar?

Dengan adanya target pasar, Pelaku bisnis dapat berkonsentrasi pada kelompok pelanggan tertentu. Ini mendefinisikan segmen pelanggan berdasarkan karakteristik unik mereka dan hanya berfokus untuk melayani mereka saja.

Selain itu, target pasar juga sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis, terutama bagi Anda yang masih ingin mengembangkan bisnis, di antaranya sebagai berikut :

1. Menempatkan gagasan pemasaran dengan lebih jelas

2. Mengatur produk sehingga lebih sesuai dengan target pasar

3. Menemukan dan membandingkan kesempatan pasar yang ada

4. Mengelola keuangan secara tepat sasaran

5. Menciptakan daya tarik di bidang pemasaran

Misalnya jika Anda berbisnis pakaian dengan model kekinian khusus untuk wanita, maka contoh target pasar yang bisa Anda terapkan adalah :

1. Produk yang ditawarkan: pakaian wanita yang dijual via online

2. Target lokasi: Kota-kota besar di Indonesia yang dapat dijangkau kurir maksimal tiga hari kerja

3. Target Demografi: wanita dengan rentang usia 20-40 tahun

4. Karakter psikologis: terbiasa dengan internet dan media sosial, serta mengikuti perkembangan tren terkini.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan target pasar, di antaranya sebagai berikut :

1. Tentukan basis pelanggan

Mulailah dengan basis pelanggan, temukan karakteristik dari orang yang mungkin akan menjadi pelanggan Anda. Mulai membentuk gambaran tentang pelanggan ideal dan kemudian pasarkan kepada orang-orang seperti itu. Jika  sudah memiliki audiens, lakukan survei untuk mengetahui lebih lanjut tentang mereka. Survei dapat berisi pertanyaan sederhana dan singkat namun mampu untuk mengumpulkan beberapa data demografis yang diperlukan. Jika belum memiliki audiens, lakukan survei kepada orang-orang yang menurut Anda termasuk dalam target demografis menggunakan Iklan Facebook. Semakin mengetahui target pasar Anda, luar dalam, semakin baik juga pesan yang  dapat disusun dan sesuai dengan mereka.

2. Riset pasar

Ada banyak cara untuk mengidentifikasi target pasar bisnis Anda, tetapi cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan riset pasar. Beberapa area yang perlu menjadi perhatian adalah jenis kelamin, rentang usia, tingkat pendapatan, pendidikan, tempat tinggal. Mengetahui informasi demografis ini akan membantu mengembangkan gambaran  tentang siapa konsumen Anda.

3. Gunakan media yang tepat

Setelah mengetahui siapa target pasar, pertimbangkan di mana calon konsumen berada sehingga Anda dapat mengetahui dimana harus memfokuskan waktu dan perhatian. Cari tahu media sosial mana yang pelanggan gunakan dan fokuskan upaya pemasaran pada platform tersebut. Menargetkan pasar tertentu bukan berarti mengecualikan orang-orang yang tidak sesuai dengan kriteria. Sebaliknya, memfokuskan dana pemasaran dan pesan merek bisnis pada pasar tertentu yang lebih cenderung untuk membeli.