INSPIRING PROFESSIONAL Praktik Baik Penerapan Model ViBal (Viral Issue Based Learning)

Semarang, 29 April 2023 Perkumpulan
Teacherpreneur Indonesia Cerdas (PTIC) bekerja sama dengan Universitas Sains
dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM peringkat 10 besar Universitas
Terbaik Jawa Tengah versi UniRank 2023), Sukses dalam
menyelenggarakan Inspiring Professional dengan
tema Praktik Baik Penerapan Model ViBal (Viral Issue Based Learning).
Acara Inspiring Professional Praktik Baik Penerapan Model
ViBal (Viral Issue Based Learning) tersebut
diselenggarakan Sabtu, 29 April 2023 Pukul 12.30 s.d 14.30 WIB yang di laksanakan melalui Zoom Meeting dan You
Tube Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM) dan di hadiri
oleh mahasiwa dan masyarakat umum.
Inspiring Professional ini diisi oleh Sholahuddin Al Ayubi, S.EI., M.Pd. (Guru SMP-IT Al Kahfi Bogor PP PTIC) sebagai narasumber. Dra. Ary Widi Kristiani (Ketua Harian II PP PTIC) sebagai Moderator. Dr. Mampuono, M.Kom. (Ketua Umum PTIC) sebagai Opening. Dr. Joseph. M.Kom. (Rektor Universitas STEKOM) sebagai sambutan. Dra. Rr NEnny Ekosari, MM (Waketum I PP PTIC)
Dalam pemaparan narasumber Sholahuddin Al Ayubi,
S.EI., M.Pd. (Guru SMP-IT Al Kahfi Bogor
PP PTIC) menjelaskan tentang Tingkatan Interaksi Murid dengan Pembelajaran
ViBal. Viral Issue Based Learning suatu model pembelajaran yang mengintegrasikan
faktor ketertarikan anak dalam kehidupan sosial menjadi sarana pematik
pembelajaran. Model ini dinamai ViBal (Viral Issue Based Learning) yang
bermakna pembelajaran berbasis isu-isu yang sedang viral. Dengan menghadirkan
pembelajaran yang kontekstual, diharapkan minat dan peran serta murid lebih
optimal terekspresikan karena adanya ikatan emosional dengan konsern mereka di
kehidupan sehari-hari.
Titik tolak pengembangan model ViBal dengan memodifikasi prinsip dan langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Melalui Model pembelajaran ViBal, murid belajar secara bijak merespon informasi-informasi viral yang sedang menjadi perbincangan publik, khususnya kalangan remaja. Prasyarat suksesnya model ini terletak pada kekuatan pemahaman konsep materi. Diskusi yang dikembangkan antara guru dan murid akan terbingkai dalam suatu kajian ilmiah untuk kemudian disimpulkan secara bersama-sama. Pembelajaran pada akhirnya menjadikan implementasi pribadi sebagai target utama. Penjelasan lebih lengkapnya bisa tonton di https://www.youtube.com/live/oGBtmBQ-TXw?feature=share