INSPIRING PROFESSIONAL Peran Lembaga Pendidikan dalam Menghasilkan SDM yang Memiliki Soft Skill/Berkarakter

INSPIRING PROFESSIONAL Peran Lembaga Pendidikan dalam Menghasilkan SDM yang Memiliki Soft Skill/Berkarakter

Semarang, 8 Juli 2023 Perkumpulan Teacherpreneur Indonesia Cerdas (PTIC) bekerja sama dengan Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Univesitas STEKOM) dan TopLoker.com, Sukses dalam menyelenggarakan Inspiring Professional dengan tema Peran Lembaga Pendidikan dalam Menghasilkan SDM yang Memiliki Soft Skill/Berkarakter.

 

Acara Inspiring Professional Peran Lembaga Pendidikan dalam Menghasilkan SDM yangn Memiliki Soft Skill/Berkarakter tersebut diselenggarakan Sabtu, 8 Juli 2023 Pukul 12.30 s.d 14.30 WIB yang di laksanakan melalui Zoom Meeting dan You Tube Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM) dan di hadiri oleh mahasiwa dan masyarakat umum.

 

Inspiring Professional ini diisi oleh Dr. Joseph Teguh Santoso, M.kom. (Rektor Universitas STEKOM) sebagai Sambutan, Dr. Mampuono, M.Kom. (Ketua Umum PP PTIC) sebagai Opening, Lasrida Sigalingging, S.E., M.Si. (Dosen AMIK Medicom, Medan, PP PTIC) sebagai Narasumber. Dra. Ary Widi Kristiani (Ketua Harian II PP PTIC) sebagai Moderator, dan Bagus Dibyo Sumantri (Ketua Harian I PP PTIC) sebagai Closing Statement.

 


Dalam pemaparan narasumber Lasria Sigalingging, S.E., M.Si. (Dosen AMIK Medicom, PP PTIC) menjelaskan tentang Peran Lembaga Pendidikan dalam Menghasilkan SDM yang Memiliki Soft Skill Berkarakter. Lembaga Pendidikan pun bisa diartikan sebagai sebuah organisasi yang dibentuk untuk mencapai tujuan tertentu, yakni transfer ilmu pengetahuan serta budaya terhadap individu guna mengubah tingkah laku seseorang menjadi lebih dewasa serta memperoleh kehiduupan yang lebih baik di masa yang akan datang.

 

Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran mengenai pengetahuan dan keterampilan yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pendidikan dapat diperoleh bagi setiap orang dimulai dari kecil sampai tua. Pendidikan sangat penting bagi semua orang yang bertujuan untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi dalam diri. Dengan semakin bertumbuh dan berkembang setiap individu bisa memiliki kreativitas, pengetahuan yang lebih luas, kepribadian yang baik dan menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

 

Kata Pendidikan disebut dengan Education dimana secara etimologis kata tersebut berasal dari bahasa latin yaitu Eductum. Kata Eductum terdiri dari dua katam yaitu E yang artinya perkembangan dari dalam keluar, dan Duco yang artinya sedang berkembang. Sehingga secara etimologis arti Pendidikan adalah proses mengembangkan kemampuan diri sendiri dan kekuatan individu. Jadi, secara singkat pengertian Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran kepada peserta didik agar memiliki pemahaman terhadap sesuatu dan membuatnya menjadi seorang manusia yang kritis dalam berpikir.

 

Tujuan Pendidikan, menurut UNESCO dalam Upaya meningkatkan kualitas suatu bangsa, tidak ada cara lain kecuali melalui peningkatan mutu Pendidikan, UNESCO juga merancang empat pilar Pendidikan baik untuk masa sekarang maupun masa depan, yaitu Learning how to know (belajar bagaimana untuk mengetahui), Learning how to do (belajar bagaimana untuk melakukan sesuatu), Learning how to be (belajar bagaimana untuk menjadi sesuatu), dan Learning how to live together (belajar bagaimana untuk hidup bersama). Penjelasan lebih lengkapnya bisa tonton di https://www.youtube.com/live/Uy2QY2agMxk?feature=share