INSPIRING PROFESSIONAL Pembangunan Daerah melalui Pembangunan Pendidikan

INSPIRING PROFESSIONAL Pembangunan Daerah melalui Pembangunan Pendidikan

Semarang, 25 Maret 2023 Perkumpulan Teacherpreneur Indonesia Cerdas (PTIC) bekerja sama dengan Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM), Sukses dalam menyelenggarakan Inspiring Professional dengan tema Pembangunan Daerah melalui Pembangunan Pendidikan.

 

Acara Inspiring Professionanl Pembangunan Daerah melalui Pembangunan Pendidikan tersebut diselenggarakan Sabtu, 25 Maret 2023 Pukul 12.30 s.d 14.30 WIB yang di laksanakan melalui Zoom Meeting dan You Tube Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM) dan di hadiri oleh mahasiwa dan masyarakat umum.

 

Inspiring Professional ini Menghadirkan 1 Narasumber, Dr. Lidya Natalia Sartono, S.Pd., M.Pd. (Anggota DPRD Provinsi Kalimat Barat), dengan sambutannya diisi oleh Dr. Joseph Teguh Santoso, M.Kom. (Rektor Universitas STEKOM), Openingnya diisi oleh Dr. Mampuono, M.Kom. (Ketua Umum PTIC), Moderatornya diisi oleh Jujun Junaedi, S.Pd.I (PP PTIC), dan Closing Statementnya diisi oleh Sugiyo, S.Pd. M.Kom. (Pengawas PTIC).


 

Dalam pemaparan Narasumber Dr. Lidya Natalia Sartono, S.Pd., M.Pd. (Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat) menjelaskan tentang Pembangunan Daerah melalui Pembangunan Pendidikan. Pembangunan daerah dan pembangunan pendidikan saling terkait erat, karena pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan suatu daerah. Pendidikan yang baik dapat membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan lapangan kerja yang lebih baik. Selain itu, pendidikan juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mengurangi kesenjangan sosial-ekonomi antara daerah yang satu dengan yang lain.

 

Adanya akses yang merata terhadap pendidikan berkualitas menjadi salah satu kunci dalam pembangunan daerah. Pemerintah dapat membangun sekolah-sekolah yang representatif di setiap daerah, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Hal ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan akses pendidikan yang lebih mudah dan merata. Selain itu, pemerintah juga dapat memberikan dukungan dan bantuan keuangan kepada sekolah-sekolah yang ada di daerah yang kurang berkembang.

 

Dalam membangun daerah melalui pendidikan, pemerintah juga harus memperhatikan kualitas pendidikan yang diberikan. Pendidikan yang berkualitas dapat membantu masyarakat untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bersaing dalam dunia kerja. Oleh karena itu, pemerintah perlu memperhatikan kualitas guru, fasilitas pendidikan, dan kurikulum yang diterapkan.

 

Pembangunan pendidikan juga dapat membantu meningkatkan daya saing daerah dalam hal perekonomian. Masyarakat yang terdidik memiliki peluang yang lebih besar untuk memperoleh pekerjaan yang layak dan meningkatkan produktivitas. Selain itu, pendidikan juga dapat membantu dalam mengembangkan industri-industri yang ada di daerah tersebut.

 

Dengan demikian, pembangunan pendidikan merupakan suatu strategi yang penting dalam pembangunan daerah. Pemerintah harus memperhatikan akses, kualitas, dan daya saing pendidikan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial di suatu daerah. Penjelasan lebih lengkapnya bisa tonton di https://www.youtube.com/live/WmkubQ6ItKA?feature=share