Ilmu Yang Wajib Diketahui Pebisnis Pemula

Setiap orang berpotensi menjadi seorang pengusaha, karena bisnis sebenarnya bisa dipelajari. Ilmu dalam berbisnis sangatlah penting. Misalnya bagaimana menghadapi persaingan dan menganalisis kebutuhan pasar.  Mana mungkin bisnis bisa berkembang jika orang yang menjalankannya tidak tahu apa-apa? Terlebih lagi situasi dan kondisi bisnis terus fluktuatif, tren berubah seiring berjalannya waktu, bagaimana mengatasi produk yang tidak laku-laku, kapan menentukan peluang, cara mengambil keputusan yang bijak. Sikap sok tahu padahal ilmu pas-pasan hanya akan merugikan diri sendiri padahal ada begitu banyak pengalaman dari orang-orang sukses yang bisa diambil pelajarannya.

Zaman sudah semakin canggih, ilmu bisa didapat dengan mudah melalui internet, membaca buku ataupun mengikuti seminar/workshop. Jika mencari ilmu sendiri dirasa sulit,  Mengikuti pelatihan bisa jadi salah satu cara yang paling tepat untuk membantu memberikan bekal pengetahuan, terutama bagi Anda yang tidak memiliki pengalaman dalam berbisnis.

Ada tiga ilmu penting yang wajib diketahui oleh pebisnis pemula, di antaranya sebagai berikut :

1. Kegagalan adalah Sebuah Pembelajaran

Kesalahan sudah menjadi bagian dari sifat manusia, tetapi akan terasa sangat menyakitkan ketika berhubungan dengan pekerjaan. Bagaimanapun juga Anda tidak akan pernah terlepas dari kesalahan dan kegagalan. Meski begitu, justru dari kegagalan itu dapat menambah tingkat keahlian dalam membangun bisnis.

Seperti halnya quotes dari Thomas Alva Edison yang mengatakan bahwa “saya tidak gagal seribu kali, namun saya melalui seribu langkah untuk menemukan lampu pijar”. Apa maksudnya? Beliau tidak menganggap seribu kali sebagai kegagalan melainkan langkah menuju pencapaian yang diinginkannya. Yang terpenting adalah apa yang bisa dipelajari dari setiap kegagalan yang telah dilalui. Kuncinya adalah belajar dari pengalaman, menumbuhkan keahlian Anda dan menjadi praktisi yang lebih berpengalaman.

2. Dapat Mengambil Keputusan

Setiap saat Anda akan menghadapi bimbangnya dalam mengambil sebuah keputusan. Apalagi ketika Anda sudah menjadi seorang profesional, tingkat stres akan lebih tinggi karena tuntutan pekerjaan.

Tidak bisa dimungkiri jika dalam menjalankan bisnis dan usaha, berbagai permasalahan sudah pasti bermunculan dan menjadi sebuah risiko yang mau tidak mau harus dilalui. Sebagai seorang pebisnis, kegagalan atau kebangkrutan dapat menjadi sebuah bayang-bayang yang menakutkan mengingat tidak sedikit modal yang sudah dikeluarkan, baik modal finansial, waktu, dan juga tenaga. Untuk itu setiap pelaku bisnis harus memiliki kemampuan mengambil keputusan yang baik supaya tidak salah melangkah dan membuat bisnis justru terjebak dalam kerugian hingga pada akhirnya gulung tikar.

Setiap keputusan yang diambil akan memberikan dampak terhadap banyak hal karena keputusan tersebut berkontribusi terhadap kesuksesan karir dan masadepan bisnis. Sebelum mengambil keputusan adabaiknya Anda berbicara dengan profesional atau mentor, berdiskusi dengan teman yang sesuai dan yang terpenting dengarkan insting Anda.

3. Networking dan Konsisten adalah Kunci Sukses

Menjalani sebuah bisnis memang tidak mudah. Butuh mental tahan banting dan konsistensi demi menghadapi berbagai masalah yang terjadi. Agar tetap bisa bertahan dan menjadi sumber penghidupan maka wajib hukumnya untuk memiliki sikap konsisten. Memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa dilatih dan dibentuk.

Selain konsisten Anda juga dituntut untuk memperbanyak jaringan, hal ini bertujuan untuk dapat mempermudah dalam mempromosikan bisnis Anda. Karena kita tidak akan pernah tahu pelanggan berasal dari mana.