DALL-E, SEBUAH APLIKASI  OPEN AI UNTUK DAHSYATNYA PENCIPTAAN GAMBAR ILUSTRASI

DALL-E, SEBUAH APLIKASI  OPEN AI UNTUK DAHSYATNYA PENCIPTAAN GAMBAR ILUSTRASI

Oleh: Dr. Mampuono (Tali Bambuapus Giri)

 

What is Dall-e?

Dear teacherpreneurs. Pernahkah Anda membayangkan sebelumnya bahwa apa yang Anda angan-angankan di kepala tiba tiba muncul dihadapan  berupa ilustrasi yang mempesona? Sepertinya mustahil bukan? Nah hari ini mari kita berkenalan dengan Dall-e.  Dengan Open AI semua yang dulu hanya angan-angan dalam waktu sekejab bisa menjadi nyata.

Apa itu Dall-e? Dall-e merupakan proyek riset yang dikembangkan oleh OpenAI, sebuah perusahaan riset kecerdasan buatan yang didirikan pada tahun 2015 oleh beberapa tokoh ternama seperti Elon Musk, Sam Altman, Greg Brockman, dan sejumlah peneliti dan ahli di bidang AI lainnya.

Dall-e sendiri pertama kali diumumkan pada Januari 2021 melalui sebuah artikel yang dipublikasikan di website OpenAI. Proyek ini menggunakan teknologi mesin pembelajaran yang dalam waktu kurang dari setahun dikembangkan oleh tim riset OpenAI. Tujuan dari proyek ini adalah untuk menciptakan mesin pembelajaran yang mampu memahami bahasa alami dan menghasilkan gambar-gambar yang sesuai dengan deskripsi bahasa tersebut.

Proses pengembangan Dall-e dilakukan dengan menggunakan pendekatan generatif, di mana sistem diajarkan untuk menghasilkan gambar dengan cara mempelajari pola dan struktur dari data gambar yang telah dihasilkan sebelumnya. Selain itu, Dall-e juga dilengkapi dengan algoritma yang dapat mengenali pola-pola dan karakteristik-karakteristik khusus dari objek, karakter, atau situasi yang dijelaskan dalam bahasa alami yang diberikan oleh pengguna.

Dall-e menjadi salah satu terobosan besar di bidang kecerdasan buatan karena mampu menghasilkan gambar-gambar yang sangat kompleks dan kreatif, sehingga memiliki banyak potensi untuk digunakan di berbagai bidang seperti desain grafis, pengembangan game, pembuatan film animasi, dan sebagainya. Meskipun begitu, Dall-e juga menimbulkan beberapa pertanyaan dan keprihatinan terkait dengan penggunaannya di masa depan, seperti masalah etika dan hak cipta gambar-gambar yang dihasilkan oleh sistem tersebut.

 

Fitur Utama Dall-e

Dall-e memiliki beberapa fitur yang memungkinkannya untuk menghasilkan gambar-gambar yang unik dan kreatif. Berikut adalah beberapa fitur utama dari Dall-e:

  1. Menerima input berupa kalimat deskripsi. Dall-e dapat menerima kalimat deskripsi sebagai input dan menghasilkan gambar-gambar yang berkaitan dengan deskripsi tersebut.
  2. Membuat gambar yang realistis. Dall-e dapat menghasilkan gambar-gambar yang terlihat realistis, dengan mengikuti logika dan aturan-aturan visual pada objek yang digambarkan.
  3. Menggabungkan beberapa objek dalam satu gambar. Dall-e dapat menggabungkan beberapa objek yang berbeda dalam satu gambar, misalnya menggambarkan seekor kucing sedang duduk di atas sebuah buku.
  4. Membuat gambar dengan detail yang rumit. Dall-e dapat menghasilkan gambar dengan detail yang rumit, seperti menggambarkan bentuk dan tekstur benda-benda yang kompleks.
  5. Menghasilkan variasi gambar. Dall-e dapat menghasilkan variasi gambar yang berbeda dari satu input yang sama, sehingga memungkinkan pengguna untuk memilih gambar yang paling sesuai dengan keinginan mereka.
  6. Menghasilkan gambar dengan tema yang khusus. Dall-e dapat menghasilkan gambar dengan tema yang khusus, seperti menggambarkan karakter dari film atau buku, atau menggambarkan suatu konsep atau ide.

Dengan fitur-fitur di atas, Dall-e memungkinkan pengguna untuk menghasilkan gambar-gambar yang unik dan kreatif dengan cara yang mudah dan cepat.

 

Tahap-tahap Menciptakan Gambar Ilustrasi

 

Dall-e adalah model AI yang dibuat oleh OpenAI yang dapat menciptakan ilustrasi unik dan menarik dengan berbagai macam objek dan konsep. Untuk menciptakan ilustrasi keren dengan Dall-e, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tentukan konsep atau ide yang ingin Anda ilustrasikan. Anda dapat mencari referensi atau sketsa awal untuk membantu memvisualisasikan ide Anda.
  2. Kunjungi situs Dall-e di https://openai.com/Dall-e/ dan klik tombol "Get Started" untuk memulai.
  3. Pilih ukuran gambar yang Anda inginkan dan ketikkan deskripsi atau kata kunci untuk ilustrasi yang ingin Anda buat.
  4. Setelah memasukkan deskripsi, Dall-e akan menampilkan beberapa opsi gambar yang mungkin sesuai dengan deskripsi Anda. Anda dapat memilih gambar yang paling sesuai dan mulai menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan Anda.
  5. Anda dapat menyesuaikan berbagai aspek gambar seperti ukuran, posisi objek, dan warna untuk menciptakan ilustrasi yang lebih keren dan sesuai dengan ide Anda.
  6. Setelah selesai, Anda dapat mengunduh gambar dalam format yang diinginkan.
  7. Jika Anda tidak puas dengan hasilnya, Anda dapat mencoba lagi dengan deskripsi atau kata kunci yang berbeda atau menyesuaikan gambar yang telah dibuat dengan cara yang berbeda.
  8. Anda juga dapat mencoba kombinasi yang berbeda dari objek atau konsep untuk menciptakan ilustrasi yang lebih unik dan menarik.

Selain itu, jika Anda memiliki keterampilan dalam pengeditan gambar, Anda dapat menggunakan gambar yang dihasilkan oleh Dall-e sebagai dasar untuk menciptakan ilustrasi yang lebih kompleks dan keren.

 

Produk Akhir Yang “Awesome!”

Untuk menghasilkan produk akhir yang menawan, memadukan Dall-e dengan aplikasi lain adalah pilihan bijak. Penulis dalam hal ini menyarankan penggunaan aplikasi Remove.bg dan Canva. Kedua aplikasi sangat berguna untuk menghasilkan ilustrasi menawan untuk melengkapi tulisan Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk menghasilkan ilustrasi menawan dengan bantuan Remove.bg dan Canva:

  1. Pertama, gunakan aplikasi Remove.bg untuk menghapus latar belakang gambar. Anda dapat mengunggah gambar apa saja yang ingin Anda gunakan sebagai ilustrasi dan Remove.bg akan secara otomatis menghapus latar belakang gambar tersebut.
  2. Setelah latar belakang gambar dihapus, Anda dapat mengunduh gambar tersebut dan mengimpor ke Canva.
  3. Di Canva, gunakan fitur desain untuk menambahkan teks atau elemen desain lainnya pada gambar. Anda juga dapat menyesuaikan ukuran, posisi, dan warna elemen desain sesuai dengan keinginan Anda.
  4. Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak elemen desain, Canva menawarkan berbagai macam gambar dan grafis yang dapat Anda gunakan untuk memperkaya ilustrasi Anda. Anda dapat mencari gambar atau grafis sesuai dengan tema atau konsep tulisan Anda.
  5. Setelah Anda selesai mengedit ilustrasi, Anda dapat mengunduhnya dengan format file yang sesuai dan menambahkannya ke dalam tulisan Anda.

Dengan menggunakan Remove.bg dan Canva, Anda dapat menghasilkan ilustrasi menawan untuk melengkapi tulisan Anda dengan mudah dan cepat. Namun, pastikan untuk memilih gambar dan elemen desain yang sesuai dengan tema atau konsep tulisan Anda untuk menghasilkan ilustrasi yang tepat dan efektif. Good luck!