Pentingnya Mengetahui Apa Itu Target Pasar

Semua orang pasti setuju jika membangun bisnis bukanlah suatu perkara yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak sekali hal yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan agar bisnis dapat berkembang dan berjangka panjang. Salah sedikit saja dalam mengambil keputusan, sebuah bisnis dapat menjadi stagnan dan tidak berkembang, bahkan, bukannya tidak mungkin bisnis Anda justru akan gulung tikar.

Sebelum memulai usaha sangat penting bagi pebisnis untuk mengetahui beberapa faktor seperti potensi, segmentasi dan target pasar yang akan menjadi sasaran utama produk yang hendak ditawarkan. Tujuanya sebagai fondasi dasar membangun sebuah bisnis.

Salah satu faktor penting dalam memulai sebuah bisnis adalah menentukan target pasar. Anda mungkin berpikir, apa yang dimaksud dengan target pasar dan. apa pengaruhnya dalam kinerja bisnis yang akan dikembangkan?

Jika berbisnis diibaratkan sebagai mobil, target pasar adalah setir yang menentukan ke mana bisnis akan berjalan. Ketika target pasar ditentukan dengan tidak tepat, bukan tidak mungkin bisnis yang dikelola akan sulit berkembang dan akhirnya tidak menghasilkan keuntungan. Penentuan target pasar ini sangat penting karena bisnis Anda tidak mungkin bisa melayani seluruh konsumen atau pembeli yang ada di pasar. Pembeli yang ada terlalu banyak dengan kebutuhan dan keinginan yang sangat bervariasi, sehingga Anda harus mengidentifikasi bagian pasar mana yang akan menjadi sasaran utama.

Target pemasaran merupakan suatu kegiatan pengelompokkan masyarakat berdasarkan segmentasi pasarnya. Dari hasil segmentasi tersebut maka akan diperoleh data-data yang kemudian dapat menentukan segmentasi mana yang paling sesuai dengan karakteristik usaha yang sedang dibangun. Penentuan target pasar dapat membantu dalam mengarahkan kegiatan pemasaran kepada kelompok konsumen dengan karakter konsumen tertentu. Dengan demikian, target pemasaran merupakan bagian penting dalam mengukur, meningkatkan dan menentukan potensi keberhasilan dalam membangun bisnis.

Target pasar juga bisa diartikan sebagai kelompok konsumen yang menjadi sasaran pebisnis atau pemilik perusahaan agar bisa membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Tentunya, target pasar tidak akan bisa dipilih atau ditentukan tanpa melakukan segmentasi pasar, yaitu kegiatan membagi kelompok heterogen atas calon pembeli ke kelompok homogen yang lebih kecil. Oleh karena itu, kegiatan segmentasi pasar ini harus dilakukan terlebih dahulu oleh pebisnis sebelum mampu menentukan target pasar bisnisnya secara akurat.

Penting sekali bagi seorang pebisnis untuk menentukan target pasar di awal membangun usaha. Mengapa? Sebab, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat, di antaranya :

  1. Mampu menempatkan gagasan marketing atau pemasaran bisnisnya secara lebih jelas. 
  2. Lebih mudah dalam mengatur produk yang ditawarkan dan lebih menarik perhatian para calon pembelinya
  3. Untuk menemukan serta membandingkan peluang yang ada di pasar atau kebutuhan dari target marketnya.
  4. Mudah dalam mengelompokkan budget usahanya dengan tepat. 
  5. Proses penyesuaian produk serta strategi pemasaran menjadi lebih terarah untuk dilakukan. Hal ini membuat risiko kegagalan dalam promosi menjadi lebih kecil.
  6. Menjadikan bisnis mampu membidik peluang market dengan lebih luas, namun tetap terarah.
  7. Mengantisipasi adanya persaingan.
  8. Memanfaatkan sumber daya bisnis yang terbatas secara efisien dan efektif.
  9. Mengatur produk menjadi lebih baik.
  10. Menemukan dan membandingkan kesempatan pasar.